10 IDE KREATIF UNTUK INDONESIA



10 IDE KREATIF UNTUK INDONESIA

 

Dari 10 ide kreatif dari saya untuk Indonesia salah satunya berkaitan seperti mimpiku.Dengan membuat sekolah dasar yang berbeda dari sistem pendidikan sebelumnya.Namun selain itu juga ada ide-ide yang cukup kreatif  ,yang dilakukan oleh beberapa negara yang patut di contoh untuk Indonesia.Salah satunya negara jepang dan Korea.
Korea Selatan sebuah negara yang dahulunya bisa dibilang negara yang miskin,bahkan kemiskinanya dipersamakan dengan salah satu negara yang terdapat di benua Afrika yakni Zimbabwe.Setelah perang dunia ke 2,Korea Selatan berubah cepat dari Negara termiskin,menjadi salah satu Negara paling kaya dan tercanggih di dunia dengan nilai ekonomi trilyunan dollar.Jika dilihat dari segi geografis,Korea Selatan tidak mempunyai letak geografis yang mengutungkan seperti halnya Indonesia,mereka mengubah identitasnya menjadi Negara Industri yang disegani banyak negara.Kesuksessan inilah yang seharusnya bisa ditiru oleh Negara kita,ialah:
1.      Segi Pendidikan
Selain Fasilitas Teknologi yang canggih,kurikulum disana tidak terpacu dalam bidang akademik saja.Sekolah-sekolah disana juga memberikan fasilitas yang dapat membantu mengembangkan bakat-bakat siswa.Kebersihan sekolah ialah tanggung jawab para siswa,menajdikan para siswa disiplin dalam hal tanggung jawab mereka seperti hanya kebersihan.dan yang unik disana bahwa siswa diwajibkan juga untuk memungut sampah di halaman sekolah setiap pagi sebelum bel berbunyi.Selain itu tenaga pendidik atau guru di Korea Selatan memegang posisi yang berharga dan tinggi karena di sana menanamkan bahwa pendidikan adalah hal yang utama.Nah terbukti bukan?di Korea saja menerapkan sistem pendidikan seperti itu,bagaimana saya tidak ingin membuka sekolah seperti halnya di korea? Karna saya percaya jika kelak akan ada seorang anak bangsa yang akan merubah indonesia dan dunia seperti halnya yang dikatakan oleh Pak Soekarno.

2.      Hiburan Positif bagi Anak Bangsa Kelak
Bagi teman-teman yang lahir sekitar 1990an,mungkin merasa rindun denga tayangan kartun yang menemani kita pada setiap hari pada pagi dan sore hari.Berbeda dengan halnya Di Indonesia yang hanya mengejar rating tanpa memperhatikan nilai positif yang ditampilkan.Di Korea ada Peraturn yang cukup tegas,baha untuk drama korea yang ditujukan untuk usia remaja ke atas hanya boleh disiarkan Pukul 9 malam ke atas,hal ini agar anak-anak usia dibawah umur tidak menonton siaran tersebut.Bagaimana dengan indonesia? Yang menyiarkan Sinetron tidak mendidik,adegan tidak sepatutnya dilakukan dan disiarkan ketika siang,sore dan pukul 7 malam. Dan tentunya bagi kalangan di bawah umur dapat menonton acara tersebut.Bodoh bukan?Saya ingin mengajak para animator muda berbakat anak bangsa untuk membuat acara hiburan yang positif untuk bibit bangsa kelak,dan agar pemerintah memberikan kepercayaan kepada mereka dan masih dalam pengawasan pemerintah dan pihak Komisi Penyiaran Indonesia(KPI)

3.      Anak Punk Di Masukkan Ke Wajib Militer TNI
Sebagai masyarakat kota tangerang khususnya,saya sempat resah dalam keberadaan mereka.oleh karena itu saya ingin memberikan pendapat saya dan berharap di dengar dan di baca oleh  pihak Daerah Kota Tangerang untuk sebagai solusi terbaik untuk mengurangi keresahan masyarakat dan mengurangi tingkat kejahatan. Karna saya percaya mereka juga manusia yang perlu dibimbing dan kelak jika mereka selesai wajib militer akan menjadi pelindung masyarakat.

4.      Di Indonesia WAJIB MILITER untuk setiap pria yang berusia 20 Tahun.
Memang untuk melaksanakan hal seperti ini diperlukan musyawarah dan mufakat setiap kalangan. Di Korea diterapkan hukuman bagi mereka yang tidak mengikuti wajib militer,yang akan dihhukum dan mendapat kesulitan untuk menjalankan kehidupan dan karir. Namun jika dengan niat ,keberanian dan tanggung jawab  setiap kalangan hal tersebut akan akan mungkin diterapkan di Negara kita.Agar negara kita tidak di remehkan dan dijajah kembali.

5.      Setiap 5 tahun kendaraan harus di lakukan penggantian,jika tidak disita dan dihancurkan.
6.      Setiap kali kita jalan di bawah jembatan atau fly over, terlihat gambar-gambar dari seniman jalanan,terkadang memang gambar tersebut tidak senonoh.Tetapi jika kalangan itu di gerakkan untuk melukis jembatan fly over agar menjadi unik serta memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan. Hal tersebut menjadikan uang bagi seniman jalanan serta daerah masing-masing untuk mendatangkan wisatawan.
7.      Membuat Film yang bertemakan dulu,kini dan nanti. Menceritakan kehidupan 3 orang anak yang lahir berbeda era zaman.
8.      Sekarang sudah ada Tas penghangat makanan dan pendingin minuman serta menjaga suhu. Tetapi belum ada tas backpack yang terdapat penghangat untuk mengurangi regangan otot di bahu dan samping leher ketika membawa bawaan atau beban yang cukup berat
9.      Membuat alat penukar botol/kaleng dengan minuman. Sepertinya halnya di jerman botol-botol yang seuai dengan kriteria dapat ditukarkan dengan uang,tetapi berbeda dengan ide saya tetapi di tukar dengan minuman segar baik soda,teh dll. Itu dilakukan untuk mengurangi pemakaian botol plastik maupun kaleng.
10.  Membuat Aplikasi seperti snapchat yang kini sedang disukai kalangan remaja di Indonesia,namun berbeda dengan aslinya disini terdapat effect yang menyerupai memakai hijab. Berharap dengan effect tersebut ada ketertarikkan mereka  yg belum memakai hijab untuk memakainya nanti.

Dari semua ide-ide kretif yang sudah diterapkan di Negara Luar,berharap kelak Indonesia akan mengikuti hal positif tersebut.serta ide-ide yang berawal dari saya juga berharap diberikan kesempatan untuk menjadikan hal tersebut menjadi kenyataan.

 





0 komentar:

Posting Komentar